A. Visi
Menjadi penerbitan terkemuka yang menghasilkan produk-produk ilmiah (scholarly) berkualitas dalam rangka pengembangan tradisi akademik dan spiritual yang bermuara pada terbentuknya pribadi yang memiliki keluasan ilmu, keagungan akhlak, kedalaman spiritual, dan kematangan profesional.
B. Misi
1. Mendorong tumbuh dan berkembangnya budaya menulis (writing culture) di kalangan sivitas akademika UIN Maulana Malik Ibrahim Malang;
2. Menerbitkan karya-karya ilmiah (scholarly) berkualitas dalam berbagai disiplin keilmuan dalam rangka penguatan program akademik UIN Maulana Malik Ibrahim Malang;
3. Menerbitkan buku ajar (daras) berkualitas yang dihasilkan dosen-dosen UIN Maulana Malik Ibrahim Malang seiring dengan visi besar universitas serta karya terjemahan dalam rangka memperkaya khazanah intelektual Islam;
4. Memberikan layanan dalam bidang penerbitan dan percetakan serta pendidikan dan pelatihan dalam bidang penerbitan karya ilmiah; dan
5. Membangun dan mengembangkan citra positif (image) budaya akademik universitas melalui kegiatan-kegiatan yang berkaitan dengan dunia penerbitan.
C. Tujuan
1. Sebagai wahana strategis dalam mewujudkan Tri Dharma Perguruan Tinggi;
2. Mewujudkan visi besar universitas dalam bidang pengembangan pengetahuan ilmiah dan agama;
3. Menyebarkan karya-karya ilmiah baik yang berupa karya hasil penelitian seperti disertasi, tesis, karya terjemahan, buku daras dan sejenisnya;
4. Menjadi wahana dalam pendidikan dan latihan di bidang penerbitan; dan
5. Menjadi salah satu wahana pembangunan citra positif universitas di tengah-tengah masyarakat melalui kegiatan penerbitan.
D. Program Kerja
1. Memantapkan sistem organisasi UIN-Maliki Press sebagai lembaga penerbitan yang profesional;
2. Menjalin kerjasama dengan penerbit dalam rangka pemasaran produk-produk UIN-Maliki Press;
3. Menerbitkan buku-buku karya ilmiah sivitas akademika UIN Maulana Malik Ibrahim Malang;
4. Menjalin kerjasama dengan lembaga di dalam dan luar negeri dalam rangka perluasan jaringan kerjasama;
5. Melakukan launching buku dalam rangka pengenalan produk-produk UIN-Maliki Press dan/atau mengikuti pameran buku;
6. Sosialisasi a new character of UIN-Maliki Press sebagai sebuah lembaga profesional; dan
7. Memberikan pendidikan dan pelatihan dalam rangka penulisan karya ilmiah yang layak diterbitkan kepada sivitas akademika.