a. Sistem Produk

Sebagai sebuah unit otonom yang berada di Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim Malang yang dikelola secara profesional. UIN-Maliki Press bergerak dalam bidang penerbitan dan penjualan buku-buku ilmiah, keagamaan (Islam) dan buku-buku populer yang tidak bertentangan dengan visi besar Universitas. Dalam proses pembuatan, pada awalnya, penekanan lebih ditujukan pada aspek pengolahan naskah (keredaksian) dan penyajian yang padu antara tema, judul, isi, dan desain dalam gaya modern dan berkarakter. Dalam proses penjualan, penekanan lebih dititikberatkan pada penyebaran buku-buku yang tidak hanya mencakup kawasan Indonesia, tetapi juga negara-negara tetangga, dan kelompok-kelompok pembaca buku berbahasa Indonesia di berbagai negara.

UIN-Maliki Press menerbitkan produk-produk yang terkelompokkan dalam produk atau buku utama yang terbagi dalam dua ciri menurut pola penerbitannya, yaitu: (1) UIN-Maliki Press, (2) Lini Penerbitan UIN-Maliki Press,  dan  (3) penerbitan yang bekerjasama dengan pihak lain. Penyebaran produk-produk UIN-Maliki Press untuk kawasan Indonesia mencakup seluruh kota-kota besar sejak Aceh hingga Merauke. Sedangkan kawasan luar Indonesia diusahakan menjangkau Malaysia, Singapura, Brunei, dan kelompok masyarakat Indonesia di berbagai negara lainnya.

b.    Mutu Produk

Pada periode awal, buku-buku terbitan UIN-Maliki  Press sebagian besar terdiri atas buku-buku karya dosen-dosen yang berkualitas baik berupa disertasi, tesis, hasil penelitian, karya terjemahan maupun buku ajar (daras) dan juga karya mahasiswa yang berkualitas. Tema-tema yang diambil masih beragam serta buku-buku dengan ketebalan antara 200-300 halaman masih menjadi pilihan. Satu hal yang sangat ditekankan pada pembuatan produk UIN-Maliki Press sejak awal adalah penyajian bahan tulisannya, akurasi terjemahan, kecermatan mengoreksi naskah, proof reading, perlengkapan naskah, pengindeksan, pemberian kata pengantar oleh seorang ahli, pemberian catatan kaki ekstensif, penggunaan bahasa Indonesia baku, menjadi perhatian khusus dalam menciptakan produk yang berkualitas. Hal-hal tersebut kemudian ditunjang oleh pemilihan judul yang menarik, pembuatan sinopsis, dan penggarapan desain sampul buku yang bercorak modern dan berkarakter.

Di samping itu, pengembangan jenis-jenis buku yang lain juga mulai dirintis. Salah satu tonggak penting bahwa mulai diterbitkannya buku Arabic for All atau Arabiyyah Baina Yadaika 1, 2, 3. Sebuah buku standar internasional dalam belajar bahasa Arab. UIN-Maliki Press telah mendapatkan hak cipta penerbitannya di Indonesia. UIN-Maliki Press juga mulai memikirkan untuk menggarap buku-buku bertema ringan dan praktis untuk konsumsi masyarakat luas. Produk terakhir inilah yang kemudian dikelompokkan dalam seri pustaka UIN-Maliki  Press tersendiri.

c.     Kriteria Layak Terbit

Buku mempunyai dua wajah yang perlu ditampilkan; pertama, wajah fisik dan kedua wajah non-fisik. Wajah fisik meliputi hal-hal yang bersifat dapat diserap indra mata, yaitu: format, tipografi, desain, dan ketebalan; sedangkan wajah non-fisik adalah “ruh†buku yang meliputi hal-hal bersifat intelektual. Wajah non-fisik ini meliputi bobot, aktualitas, dan sebagainya. Dalam bidang keredaksianlah wajah non-fisik buku itu dibahas dan digarap. Paling tidak, saat ini UIN-Malang Press memiliki lima pedoman dalam menentukan “layak terbit UIN-Malang Press†sekaligus aspek-aspek apa dari wajah tersebut yang perlu mendapat perhatian khusus. Kelima pedoman tersebut adalah (a) tema aktual, (b) membuat metode pembahasan, (c) orisinal dan unik, (d) memberikan wawasan baru, dan (e) memiliki paradigma yang tidak bertentangan dengan nilai-nilai Islam dan akademik.

In un barile di miele chiamato “gloria del mondo” non è senza un cucchiaio di catrame: milioni di fan vogliono sapere assolutamente tutto dei loro idoli. Ma ci sono cose che le stelle per varie ragioni non rivelano milioni di appassionati curiosi. L’orientamento sessuale è uno di questi segreti accuratamente protetti. Tuttavia, ha le possibilità di diventare chiara. Quindi risulta che i sindacati di uomini e donne famosi a prima vista si disintegrano, e uno dei seleboys inaspettatamente per il mondo intero (per non parlare dell’ex compagno o viagra trova la sua vera felicità nello stesso amore sessuale. Nel nostro materiale – dieci storie di stelle simili.