Nilai-nilai lembaga merupakan panduan sikap dan perilaku yang harus diamalkan oleh semua anggota untuk mewujudkan pencapaian lembaga yang berkualitas dan diberkati Allah swt.
Nilai-nilai yang diutamakan dalam lembaga ini adalah nilai-nilai yang didasarkan pada nilai-nilai utama Islam yang bercorak universal. Terdapat Sembilan nilai dan etika yang harus dikembangkan oleh setiap individu dalam lembaga ini, yaitu:
1. Amanah
a. Menjalankan tugas yang diberikan dengan penuh tanggung jawab;
b. Menjalankan tugas dengan hasil yang berkualitas;
c. Berlaku adil kepada semua pihak;
d. Jujur dan setia kepada lembaga;
e. Menjadi aset dan kepentingan lembaga;
f. Menjaga rahasia lembaga di setiap waktu;
g. Mematuhi prosedur dan peraturan yang ditetapkan.
2. Akuntabilitas
a. Bertanggung jawab untuk mengawasi dan mengawal sebaik-baiknya segala sumberdaya yang berada dalam wilayah tanggung-jawabnya;
b. Bekerja untuk mencapai tujuan sesuai dengan tugas dan tanggung jawabnya;
c. Bertanggung jawab sepenuhnya terhadap semua keputusan dan tindakan yang diambil;
d. Mampu melaksanakan tugas dengan baik;
e. Mematuhi peraturan dan prosedur yang berlaku.
3. Dedikasi
a. Tekun, bersikap positif dan proaktif dalam melaksanakan tugas dan hasilnya berkualitas tinggi;
b. Menjalankan amanah tugas dengan sabar penuh keakraban, dan kegembiraan;
c. Menerima tanggung jawab dengan ikhlas;
d. Bekerja sesuai dengan waktu yang ditetapkan dan hasilnya berkualitas.
4. Disiplin
a. Berusaha bersungguh-sungguh untuk melaksanakan tugas sesuai waktu yang ditetapkan;
b. Senantiasa menyegerakan amanah tugas;
c. Mempunyai perencanaan waktu dalam melaksanakan tugas dengan membuat prioritas-prioritas;
d. Berpegang pada keputusan dan memahami etika dan norma-norma yang disepakati;
e. Menjaga tingkah laku, kesopanan, dan kehormatan diri serta citra lembaga;
f. Mematuhi segala peraturan yang telah ditetapkan.
5. Inovatif
a. Senantiasa berusaha meningkatkan keahlian baik melalui pendidikan yang dilaksanakan lembaga maupun pribadi;
b. Melibatkan diri dalam kegiatan-kegiatan ilmiah untuk meningkatkan keahlian;
c. Belajar dari kesalahan;
d. Proaktif dan bersungguh-sungguh dalam upaya memperbaiki proses kerja dan mutu pelayanan;
e. Mementingkan pelayanan terbaik kepada orang lain;
6. Bekerjasama
a. Saling membantu dalam menjalankan tugas;
b. Berpikir terbuka, positif, dan bersedia menerima pandangan dan informasi dari orang lain;
c. Tidak mementingkan pangkat dan kedudukan;
d. Mementingkan keunggulan lembaga;
e. Bersikap pemaaf dalam pergaulan.
7. Mengejar keunggulan
a. Menggunakan seluruh potensi dan keahlian untuk mencapai kecermelangan;
b. Mementingkan kualitas dalam semua aspek pekerjaan dan tingkah laku;
c. Senantiasa mencari peluang untuk menambah ilmu dan keahlian demi kesuksesan dalam menjalankan tugas;
d. Senantiasa berusaha meningkatkan diri dan tidak berpuas dengan keberhasilan masa lalu;
e. Senantiasa berbagi pengalaman, ilmu dan keahlian untuk keberhasilan bersama.
8. Tawadluk (humility)
a. Menghormati rekan kerja;
b. Sopan santun dan tidak membanggakan diri;
c. Bersikap sederhana, hemat, dan beradab;
d. Mematuhi arahan atau keputusan yang telah disepakati;
e. Bersedia menerima teguran dan masukan dari orang lain;
f. Cermat dalam berkata-kata, berpikir sebelum berbicara.
9. Bersyukur
a. Senantiasa menghargai anugerah dan nikmat yang diterima;
b. Bersikap tenang dan sabar apabila menerima ujian/kegagalan;
c. Senang melihat orang lain berhasil dalam tugasnya;
d. Setia kepada lembaga dan pimpinan;
e. Berpikir positif dalam menghadapi semua permasalahan.