Perkembangan senantiasa terjadi. Itulah kenyataan hidup. Demikian juga dengan apa yang terjadi di UIN Maulana Malik Ibrahim Malang yang semula hanya sebuah Fakutas Tarbiyah cabang IAIN Surabaya, kemudian bertransformasi menjadi UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Dinamika kelembagaan yang terjadi di UIN Maulana Malik Ibrahim Malang menggambarkan sebuah karakter kepemimpinan yang dinamis dan sejalan dengan karakter utama masyarakat modern seperti yang saat ini kita rasakan.
Perubahan yang terjadi pada level Universitas, telah memberikan resonansi yang kuat pada level di bawahnya tidak terkecuali Unit Penerbitan. Unit ini pada awalnya merupakan sebuah unit yang bertanggung jawab dalam penerbitan-penerbitan karya akademik sivitas akademika baik yang berupa buku, jurnal, maupun tabloid. Seiring dengan perkembangan organisasi yang semua STAIN menjadi UIN telah merubah struktur kelembagaan ini baik dari sisi sarana prasarana maupun sumber daya. Unit penerbitan pun akhirnya dirasionalisasi untuk hanya menerbitkan buku-buku karya sivitas akademika yang selama ini kurang mendapat perhatian dibanding penerbitan jurnal dan tabloid. Akhirnya, lahirlah unit informasi dan publikasi yang bertugas menerbitan jurnal dan tabloid.
Sejak unit penerbitan mengalami perubahan dalam core business-nya yakni khusus menerbitkan buku-buku, maka unit ini mampu berkiprah secara simultan untuk menghasilkan buku-buku dalam jumlah besar dan bahkan unit ini sudah diakui dalam level nasional dengan keanggotaannya dalam IKAPI. Dalam beberapa tahun ini, unit ini telah menerbitan tidak kurang dari 300-an judul buku yang kalau dirata-rata sejak berdirinya unit ini pada pertengahan tahun 2005, maka tidak kurang 40-an judul buku diterbitkan dalam setiap tahunnya.
Dalam rangka pengembangannya ke depan, pada tahun 2009 telah dirancang agar UIN Maulana Malik Ibrahim Malang memiliki percetakan sendiri, karena biasanya yang namanya penerbitan bersandingan dengan percetakan. Alhamdullilah upaya untuk pengadaan mesin cetak tersebut dapat diwujudkan, sehingga pada tahun ini penerbitan ini memiliki mesin cetak sendiri. Akibat adanya penambahan core business ini, unit yang semula bernama Unit Penerbitan berubah menjadi Unit Penerbitan dan Percetakan (UIN Maliki Press) berdasarkan SK Rektor Nomor: Un.03/Kp.07.5/882/2010 pada tanggal 5 April 2010. Hal inilah yang mendorong kami melakukan kajian untuk merumuskan Profil Lembaga yang baru yang mengakomodasi dua core business kami yaitu penerbitan dan percetakan.
Akhirnya, kami berharap dengan profil yang baru ini akan lahir semangat baru dalam mengembangkan dunia press di Universitas yang saat ini masih langka. Ke depan semoga unit ini akan semakin berkembanga sesuai dengan visi besarnya menjadi lembaga penerbitan dan percetakan yang unggul (excellence press and printing). Dengan senantiasa berharap pada rahmat, taufiq dan hidayah Allah swt. unit penerbitan dan percetakan ini akan sekuat tenaga untuk senantiasa mewujudkan visi besarnya tersebut sebagai salah satu pilar dalam mewujudkan visi besar universitas yang kita cintai ini.